Rabu, 27 Juni 2012

PELAJARAN - 17 METERAI YANG KELIMA DAN KEENAM DALAM WAHYU

METERAI YANG KELIMA DAN KEENAM
DALAM WAHYU
(Pelajaran-17)
Meterai  kelima  : Wahyu   6:9  --  Di  bawah  mezbah   jiwa-jiwa mereka   yang   telah  dibunuh   oleh   karena Firman   ALLAH  dan  oleh   karena   kesaksian yang mereka miliki.

Pada  akhir abad pertengahan, penganiayaan kepada gereja  semakin menjadi-jadi.   Itulah  sebabnya  meterai-meterai   yang   kelima membicarakan  tentang  orang-orang  yang  mati   sahid.   Menurut penglihatan Yohanes bahwa jiwa-jiwa mereka berada dibawah mezbah.



Mezbah mengingatkan tentang mezbah tembaga bangsa  Ibrani yang  ada dikaabah. dan orang-orang yang mati sahid  melambangkan korban  yang  dipersembahkan  kepada ALLAH.  Sebagai  mana  darah korban disiramkan didasar mezbah, begitulah jiwa orang-orang yang menyerahkan  diri  mereka  sendiri untuk  mati  sahid  ditunjukan seperti dibawah mezbah.



Jiwa-jiwa  --Tampaknya  pelambangan meterai kelima  adalah  untuk memberikan dorongan atau semangat dan keberanian bagi mereka yang menghadapi  kematian  karena penganiayaan  sehingga  mereka  mati sahid,  dengan  jaminan bahwa meskipun kelihatannya  pihak  musuh akan meraih kemenangan tetapi kemenangan umat ALLAH pada akhirnya akan  tiba.  Dorongan semangat keberanian ini sangat  perlu  bagi mereka  yang hidup pada waktu penganiayaan yang  mengerikan  pada akhir Abad Pertengahan, tetapi yang terutama pada waktu reformasi dan sesudahnya berlangsung pada tahun 1517-1755. Bagi mereka yang telah teraniaya kelihatannya bahwa pada masa kepicikan ini  tidak pernah  akan  berakhir. Namun pekabaran meterai yang  kelima  ini merupakan  kepastian  atau  jaminan bahwa  pekerjaan  ALLAH  akan menang  dengan mutlak. Ini menunjuk kepada penganiayaan yang akan datang.   Maksud   nubuatan  tentang  keempat   ekor   kuda   dan pengendaranya  ada kaitannya dengan peperangan. Yang  kelima  ini bukan lagi dengan peperangan tetapi tentang orang-orang yang mati sahid.



Dengan demikian umat ALLAH menderita sambil berseru :"Berapa lama lagi hal ini berlaku ya penguasa yang kudus dan benar" ? Mereka   berseru   meminta   kelepasan.   Dan   memang   akhirnya penganiayaan  itu  berhenti  juga. Orang-orang  yang  mati  sahid  adalah  hamba-hamba ALLAH yang setia dan benar. Mereka kudus  dan benar. Mereka memohon ALLAH yang membalas, bukan mereka.

Jubah putih -- menunjukan pakaian kebenaran dan pada  pemandangan ALLAH  mereka  adalah  para  pemenang.  Mereka  disuruh  menunggu sedikit  waktu  lagi sehingga genaplah jumlah  mereka.  Ini  cuma ALLAH yang tahu.



Meterai yang keenam  :  Wahyu  6:12 -- Gempa  bumi  yang  dasyat,                    matahari  menjadi hitam,  bulan  mejadi  merah seperti darah, bintang-bintang berjatuhan.



Ini menunjukan masa tanda-tanda kedatangan Yesus yang kedua  kali dan  peristiwa  pada  waktu kedatangan  Yesus  yang  kedua  kali. Mengenai  tanda-tanda diatas : Matahari digelapkan sudah  terjadi pada  tanggal  19  mei 1780; Gempa bumi  terhebat  yang  tercatat terjadi  pada  tanggal 1 november 1755 hari sabtu;  Bulan  mejadi darah pada malam matahari di gelapkan. Bintang -bintang jatuh  13 november 1833.(Lihat Pelajaran-9).



Langit tergulung seperti kertas (kitab) pada zaman Yohanes  kitab masih  terdiri  dari gulungan-gulungan.  Gunung  dan  pulau-pulau berpindah,   ini  bukan  lagi  lambang  tetapi  secara   langsung menunjukan  peristiwa bilamana Anak Manusia (Anak  ALLAH),  Yesus Kristus  muncul  dilangit, pada waktu kedatanganNya  kedua  kali. Raja- raja dibumi, orang-orang kaya, pembesar-pembesar,  perwira-perwira (orang-orang berpangkat) serta rakyat bersembunyi di gua-gua  dan  cela-cela batu karena tidak tahan  kemuliaan kedatangan Yesus,  meminta  supaya gunung dan batu  menimpa  mereka.  Mereka tidak  tahan  melihat murka Anak domba, karena  sudah  tiba  hari pembalasanNya. Maksudnya membalas kepada orang-orang jahat !
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.