Kamis, 28 Juni 2012

PELAJARAN - 48 IBLIS DIBELENGGU DALAM JURANG MAUT

IBLIS DIBELENGGU
DALAM JURANG MAUT
(NUBUATAN 1000 TAHUN)
(PELAJARAN - 48)


Wahyu pasal 20, mengatakan bahwa seorang malaikat yang berkuasa mengikat iblis dengan rantai besar dan melemparkannya ke dalam jurang maut selama 1000 tahun.

Setan murka sebab informasi kehancurannya pada masa mendatang telah dibeberkan kepada masyarakat luas dalam Alkitab. Karena itu dia menyebarkan dusta bahwa Wahyu adalah sebuah kitab tertutup (termeterai) yang seorangpun tidak dapat mengerti, atau kalau tidak, dia memutarbalikkan artinya.

Sayangnya, banyak yang dikatakan mengenai masa 1000 tahun itu tidak berdasarkan fakta. Banyak di antaranya mencurigakan, dan memang diciptakan setan untuk menjerat manusia. Dia melakukan hal itu untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin mereka yang memilih memberontak melawan Allah. Iblis tidak main-main. Dia mempunyai satu tujuan yang pasti: menghancurkan Anda dan keluarga Anda serta semua manusia di dunia ini. Dia memutarbalikkan informasi mengenai masa 1000 tahun itu dengan pikiran jahat dan benci demi kebinasaan Anda dan saya. Keselamatan kita satu-satunya hanyalah tetap teguh dalam Firman Allah. Dengan mempelajari bagian ini, berarti kita akan menyingkapkan jerat iblis. Sudah tentu, Allah pasti menolong kita.


DUA JENIS KEBANGKITAN

1. Apakah yang terjadi pada permulaan masa 1000 tahun yang besar itu? Wahyu 20:4 bagain akhir. “...mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.”

The New english Bible menerjemahkannya lebih jelas, “Mereka bangkit kembali dan memerintah bersama Kristus untuk masa seribu tahun” Jadi kebangkitan merupakan awal dari masa 1000 tahun seperti yang tertulis dalam Wahyu 20.

2. Kebangkitan ini disebut kebangkitan pertama. Wahyu 20:5, 6. Siapakah yang dibangkitkan pada saat itu? “Tetapi orang-2 mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.” Ini berarti orang benar yang berbahagia dan kudus akan bangkit dalam kebangkitan pertama.

3. Kita telah memperhatikan bahwa kebangkitan pertama, yaitu kebangkitan orang benar mengawali masa 1000 tahun Wahyu 20. Yesus berkata bahwa kebangkitan kedua sebagai kebangkitan terkutuk. Orang-orang jahat akan dibangkitkan pada waktu itu, Yohanes 5:28, 29Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suaraNya. :29 Dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Kapankah kebangkitan kedua terjadi? Wahyu 20:5a Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan kedua.” Ini berarti setelah masa 1000 tahun sudah berakhir!

Kita telah menemukan (memastikan) tiga kunci penting:
a. Kebangkitan orang benar, kebangkitan pertama, mengawali masa 1000 tahun.
b. Kebangkitan orang jahat, kebangkitan kedua, mengakhiri masa 1000 tahun.
c. Periode di antara kedua kebangkitan itu adalah masa 1000 tahun dari Wahyu 20.

DUA JENIS UPAH

4. Peristiwa besar apakah yang terjadi pada saat kebangkitan pertama pada awal masa 1000 tahun itu? I Tes 4:15, 16. Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. :16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit. Maksud kedatang Yesus yang kedua kali adalah untuk menerima umat manusia yang telah melayani Dia sepanjang masa.

5. Pada saat kedatangan Yesus yang kedua kali, apakah yang terjadi kepada orang saleh yang telah bangkit dari kubur dan kepada orang saleh yang masih hidup dan menyaksikan Yesus kembali?
I Kor 15:51-54, Mereka akan diubahkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa.
Filipi 3:20, 21, Mereka akan diberikan tubuh seperti tubuh Kristus.
I Tes 4:17, Orang saleh akan diangkat bertemu dengan Yesus di angkasa.

6. Apakah yang terjadi kepada orang jahat yang hidup pada waktu Yesus kembali? II Tes 1:7-9; 2:8; Yesaya 11:4. “Mereka akan dibunuh oleh napas dari mulutNya.”

7. Apakah pengaruh kedatangan Yesus yang kedua kali kepada orang jahat yang mati didalam kubur? Wahyu 20:5a, Mereka tetap berada di dalam kubur mereka hingga masa 1000 tahun itu berakhir. Orang mati yang benar dibangkitkan pada awal 1000 tahun,  Wahyu 20:6. Orang mati yang lain (yang jahat) tetap berada di dalam kubur mereka dan tidak bangkit sampai masa 1000 tahun berakhir, Wahyu 20:5.

8. Yesus berjanji bahwa Dia pergi untuk menyediakan tempat bagi umatNya ke tempat di mana Dia pergi waktu kenaikanNya. Apakah tempat itu? Kisah 1:9-11; Yohanes 13:33, 36; Yohanes 14:1-3. “Kerumah bapa di sorga.”

PERISTIWA-PERISTIWA SELAMA  MASA 1000 TAHUN

9. Yermia melihat bumi dalam khayalnya tepat setelah kedatangan Yesus yang kedua kali. Bagaimanakah dia menggambarkan apa yang dilihatnya? Yermia 25:33, “Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang.”

Dilihatnya mayat orang-orang mati di muka bumi. Tidak seorang pun yang dikuburkan dan tidak seorang pun yang meratapi mereka. Alasannya sederhana; karena tidak ada satu orang pun yang masih hidup untuk melaksanakan upacara penguburan, karena selama masa 1000 tahun itu, orang saleh semuanya sudah berada di sorga dan orang-orang jahat semuanya sudah mati. Wahyu 19:11-21 memberi gambaran lain mengenai kedatangan Yesus yang kedua kali. Yesus digambarkan sedang menunggang kuda putih (ayat 11). Dia memukul segala bangsa pada saat kedatanganNya (ayat 15) dan membiarkan mayat-mayat itu tergeletak sejak masa 1000 tahun dimulai, (ayat 17, 18, 21).

KEHANCURAN SEJAGAD

 10. Apakah yang terjadi keatas bumi ini pada saat kedatangan Yesus? Wahyu 16:18, 20, 21. “Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat”

11. Bagaimanakah keadaan di atas bumi ini selama masa 1000 tahun itu? Yes 24:3 (bumi tandus), 19, 20 (remuk redam, hancur luluh, bumi gonjang ganjing); Yer 4:23-26, 28 (bumi campur baur dan kosong, langit tidak ada terangnya.....),.

Ada tiga keadaan yang mengagetkan:
a. Langit tidak ada terangnya dan langit di atas akan menjadi gelap, Yer 4:23, 28.
b. Ternyata tidak ada manusia, dan semua burung di udara sudah lari terbang. Yer 4:25.
c. Aku melihat kepada bumi, ternyata campur baur dan kosong, Yer 4:23.
d. Bumi akan ditanduskan setandus-tandusnya dan akan dijarah sehabis-habisnya, sebab TUHANlah yang mengucapkan firman ini. Yes 24:3.
e. Bumi remuk redam, bumi hancur luluh bumi goncang-gancing. Yes 24:19.

12. Apakah jurang maut tempat iblis dirantai selama 100 tahun seperti yang digambarkan Wahyu 20:1-3?

Sebelum melanjutkan lebih jauh, bacalah Wahyu 20:1-3 dan Kejadian 1:1-2. Akar kata yang diterjemahkan “jurang maut” dalam Wahyu 20:1-3 adalah abyss”. Ini adalah kata yang sama yang diterjemahkan “kosong” dalam catatan penciptaan Kejadian 1:1, 2. dalam terjemahan Alkitab versi King James, kata ini disebut “dalam.” Sedangkan terjemahan Alkitab versi Smith-Goodspeed dengan tepat menggunakan kata aslinya “abyss” baik dalam ayat Kejadian 1:1, 2 maupun Wahyu 20:1-3.

Apakah yang dikatakan oleh ayat ini kepada kita? Ini menyatakan bahwa “dalam” “kosong” dan “jurang maut” semuanya berbicara tentang bumi ini:
a. tidak berbentuk (kacau balau).
b. kosong (tidak ada manusia penghuninya).
c. gelap gulita.

Itulah sebabnya mengapa Yeremia ketika melihat bumi sesudah kedatangan Yesus yang kedua itu, Yeremia 4:23-26, 28, berkata, berkabung.
a. Keadaannya “campur baur” atau kacau-balau.
b. “Kosong”.
c. “Tidak ada terangnya.” Langitnya “gelap”. Dia mengatakan dimikian karena begitulah makna dari jurang maut itu. Ini menunjukkan kepada bumi yang kacau balau keadaannya, tanpa manusia di dalamnya dan gelap gulita.

DIRANTAINYA SETAN:

Dirantainya si jahat berarti menghentikan dia dari menipu dan menggoda manusia. Merantai dia secara harfiah di dalam sebuah jurang yang dalam tidak dapat mencegah dia melakukan tindakan itu. Dia tidak perlu bergerak untuk menggoda kita. Lagipula, dia mempunyai banyak malaikat jahat untuk melakukan penipuannya.

Apa yang dapat menghentikan si jahat itu dari menggoda dan menipu? Dua hal: kalau tidak ada manusia atau tidak ada kejahatan. Apakah salah satu dari hal ini terjadi ketika masa 1000 tahun dimulai? Ya, semua manusia sekonyong-konyong lenyap. Orang-orang jahat mati sedangkan orang-orang benar sudah berada di sorga, sehingga setan tidak menemukan seorangpun untuk digoda.

Rantai yang mengikat dia adalah rantai keadaan. Tuhan memaksakan Setan agar tetap berada di bumi ini selama 1000 tahun tanpa mempunyai pengaruhnya terhadap manusia. Kita biasa menggunakan istilah, “Saya serasa diikat” bilamana kita menyebut tentang keadan yang tidak membiarkan kita untuk bergerak bebas. Demikianlah dengan rantai bagi Setan itu.

13. Mengapa setan dirantai selama masa 1000 tahun? Wahyu 20:3 “supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa.”

14. Apakah yang dilakukan orang-orang benar selama masa 1000 tahun itu di sorga? Wahyu 20:4, 12, 13Mereka turut menghakimi” Penghakiman ini, di mana orang-orang benar turut berpartisipasi, dilaksanakan di sorga. Yesus mengatakan bahwa tempat yang disediakanNya bagi mereka adalah di rumah BapaNya, Yohanes 14:2, 3, dan Bapa itu berada di sorga, Matius 6:9.

15. Apakah maksud dan tujuan penghakiman besar ini diadakan Karena pada waktu itu sebagian manusia sudah selamat dan sebagian mati I Korintus 6:2, 3; Wahyu 22:12; II Petrus 2:4.

a. Penghakiman ini bukan terhadap orang benar, Penghakiman kepada orang-orang yang diselamatkan/benar berlangsung sebelum kedatangan Yesus yang kedua kali.
b. Penghakiman ini hanya berlaku bagi orang mati, Wahyu 20:12. Hanya orang jahat yang mati pada saat ini, jadi hanya orang jahatlah yang dihakimi saat ini.
c. Penghakiman ini memutuskan dua hal penting:
1. Menentukan beratnya hukuman kepada semua yang akan binasa, termasuk setan dan malaikat-malaikatnya. Wahyu 22:12; I Korrintus 6:2, 3. dan
2. Menjelaskan kepada orang benar mengapa beberapa orang yang mereka kasihi tidak dapat masuk ke surga?
d. Persoalan dosa yang dahsyat itu akan dapat diselesaikan secara tuntas hanya jika semua pihak (malaikat-malaikat dan manusia) mengerti dan mengakui secara terbuka (terus terang) bahwa Allah itu sebenarnya pengasih, adil dan jujur dalam segala hal. Penghakiman, di dalam tahap-tahapnya, menjelaskan hal ini kepada manusia dan malaikat-malaikat. Allah telah mengerti hal itu sepenuhnya. Jadi penghakiman bukanlah bagi kepentinganNya.

PERISTIWA-PERISTIWA
PADA AKHIR MASA 1000 TAHUN


16. Kota besar apakah yang akan turun ke bumi pada akhir masa 1000 tahun itu? Wahyu 21:2, 10 “Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga...”

17. Dimanakah lokasi (tempat) kota itu di bumi ini? Zakaria 14:1, 4, 10. “KakiNya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak didepan Yerusalem di sebelah timur.” Sementara Tuhan berdiri di atas Bukit Zaitun, bukit tu akan terbelah dan membentuk satu dataran yang luas sebagai tempat Kota Suci itu. Perhatikan bahwa kedatangan Yesus ketiga kali  terjadi pada akhir masa 1000 tahun, dan Dia akan  BERSAMA-SAMA dengan umat-umatNya yang kudus, Zakaria 14:5. Pada waktu kedatangan Yesus yang kedua kali , Ketika masa 1000 tahun dimulai, Yesus datang UNTUK menjemput umat-umatNya yang kudus, Matius 24:31.

18. Apakah yang terjadi kepada setan ketika Kota Suci itu turun? Wahyu 20:7 “Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjara/kurunganNya (jurang maut)” Ingat bahwa kebangkitan orang-orang jahat terjadi pada waktu berakhirnya masa 1000 tahun, Wahyu 20:5. Kebangkitan orang-orang jahat tersebut membuat setan lepas karena sekali lagi dia mempunyai kesempatan untuk menyesatkan bangsa-bangsa.

19. Apakah tindakan setan yang menunjukkan bahwa hatinya tidak ber-ubah selama masa 1000 tahun itu? Wahyu 20:8 “Dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa.”

KEBINASAAN SETAN DAN ORANG BERDOSA

 20. Pada waktu setan dan semua pengikutnya naik hendak merebut Kota Kudus itu, apakah yang terjadi kepada mereka? Wahyu 20:10 “Dan iblis... dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang..” Iblis sendiri akan berada di dalam lautan api dan bukan di luar untuk menjaga api itu atau menyiksa orang-orang jahat.

22. Apakah nama yang diberikan Yesus terhadap api ini di dalam Wahyu 20:14 ..Itulah kematian yang kedua : lautan api.”  Orang yang mengalami kematian pertama, semuanya dibangkitkan, Ibrani 9:27; Yohanes 5:28, 29. Tetapi tidak seorang pun yang akan bangkit dari kematian yang kedua.

23. Apakah yang dilakukan Yesus setelah bumi ini dimurnikan dengan api? II Petrus 3:10-13; Wahyu 21:1, 3 “Allah akan diam bersama-sama dengan mereka di langit yang baru dan bumi yang baru.”

24. Di manakah Tuhan tinggal setelah bumi yang baru diciptakan? Wahyu 21:1-4 “Dia akan tinggal di Kota yang Kudus” Yesus berjanji bahwa orang yang lemah lembut akan mewarisi bumi ini, Matius 5:5. Sesuai dengan janji ini, Allah akan mendirikan kerajaanNya di bumi ini, yaitu bumi yang baru, dan Dia akan tinggal bersama umatNya di bumi ini. Bumi ini akan menjadi pusat alam semesta. Harap diperhatikan bahwa Allah tidak memindahkan kerajaanNya ke bumi ini untuk mempertobatkan mereka yang hilang. KerajaanNya didirikan di bumi ini hanya setelah orang-orang yang hilang dilemparkan ke dalam api.

25. Di manakah nama saya harus tertulis jika saya mau lepas dari api tersebut? Wahyu 20:15 Didalam buku kehidupan

Banyak orang mengajarkan bahwa akan ada suatu kesempatan untuk bertobat selama masa 1000 tahun itu. sebagian orang menyebutnya sebagai kesempatan kedua. Yang lain lagi menyatakan bahwa akan ada kesempatan pertama atau peluang yang diberikan bagi mereka yang belum pernah mendengarkan tentang rencana keselamatan itu. Tetapi hal ini mustahil.

Selama 1000 tahun itu orang-orang benar akan diselamatkan di dalam surga, sedangkan orang-orang jahat semuanya akan mati. Seorang yang tidak diselamatkan tidak dapat lagi bertobat selama masa 1000 tahun itu seperti halnya suatu kerangka mayat.

Ajaran kesempatan yang kedua tersebut menyenangkan hati setan yang berharap agar manusia tidak membuat keputusannya hari ini, karena percaya bahwa mereka akan memperoleh peluang lain pada masa 1000 tahun itu. Yang benar ialah bahwa Yesus tidak akan kembali ke bumi ini sampai semua orang sudah mendengar akan pekabaranNya yang ajaib tentang kehidupan dan keselamatan serta sudah mengambil keputusan untuk menerimanya atau menolaknya, Matius 24:14; Markus 16:15; Wahyu 14:6, 7.

26. Siapakah yang diundang Yesus untuk menjadi warga negara kerajaanNya yang besar dan yang baru itu? Wahyu 22:17 “Dan barang siapa yang mendengarnya ..hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

27. Apakah Anda akan mengatakan kepada Yesus bahwa Anda mau menerima undangan kasihNya yang luar biasa itu?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.