Selasa, 26 Juni 2012

PELAJARAN - 3 KRISTUS PENANGGUNG DOSA


KRISTUS PENANGGUNG DOSA KITA

(Pelajaran-3)

Roma   3:23  --Karena  semua  orang telah  berbuat  dosa   dan         telah kehilangan kemulian ALLAH. Ayat diatas ini menyatakan bahwa tidak ada seseorang manusia  pun yang  tidak berdosa diatas dunia ini. Dosa yang mulai  di  taman Eden  dulu  oleh Adam dan Hawa menjadikan manusia  turun  temurun dalam keadaan berdosa. Apakah akibatnya dosa bagi manusia ?

Roma  6:23 bagian pertama,"Sebab upah dosa adalah maut". Ya  upah dosa adalah kematian. Dengan demikian manusia harus mati.  Tetapi ALLAH  dengan  kemurahanNya dan dalam kasihNya yang  tidak  dapat diceritakan  oleh  bahasa manusia, tidak membiarkan  manusia  itu mati konyol tanpa pengharapan apapun.

Yohanes  3:16  --  "Karena begitu besar kasih  ALLAH  akan  dunia                    ini, sehingga Ia telah  mengaruniakan  anakNya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya  tidak  binasa,  melainkan   beroleh hidup yang kekal".

Yesus Kristus menjadi penebus manusia, sehingga walaupun  manusia mengalami  kematian  tetapi bilamana percaya padaNya  tidak  akan binasa   selama-lamanya  tetapi  akan  dapat  dibangkitkan   dari kematian  itu  dan  akan  hidup  selama-lamanya.  Kisah   tentang penebusan  itu  telah dirampungkan dikayu salib,  ketika  Kristus datang  kedunia  ini untuk menyelesaikan pekerjaan  penebus  bagi manusia  itu. Ia telah menebus kita, Ia lah jalan, kebenaran  dan hidup kita !

Sebab  karena  kasih  karunia,   kamu diselamatkan oleh Iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,  itu bukan hasil pekerjaanmu: Jangan ada  yang  memegahkan diri." Efesus 2:8, 9.

Hanya dengan satu cara anda dapat diselamatkan yakni  dengan karunia  Tuhan  Yesus Kristus kita. Anda tidak  dapat  membelinya dengan  cara  apapun. Mengapa manusia tidak  dapat  menyelamatkan mereka  sendiri? "Karena  semua  orang  telah berbuat  dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah."  Roma  3:23. Hanya  satu jalan untuk membebaskan diri dari dosa yaitu  melalui darah  Yesus  Kristus.  AnakNya saja yang  menyucikan  kita  dari segala  dosa.  1 Yohanes 1:7, 9. Kita memerlukan Dia,  dan  harus menerima Yesus sebagai Juruselamat dari dosa.
     
Andai  kata  anda hidup seribu tahun  mengamalkan  kebajikan kepada  setiap orang setiap hari, ini tidak  dapat  menyelamatkan anda.  Anda  tidak dapat menyelamatkan  diri  sendiri.  Ilustrasi Pendeta L. E. Tucker dalam khotbahnya meminta seorang anak  kecil datang  ke  atas mimbar. Seorang anak kecil  datang  dan  pendeta tersebut  minta agar anak tersebut mengangkat diri  sendiri  dari atas  lantai mimbar - Dia mencoba dan berusaha. Akhirnya  pendeta itu katakan, Anak kecil, sukarlah melakukannya bukan? Anda  tidak dapat mengangkat diri sendiri. Sang pendeta mengulurkan tangannya ke bawah dan mengangkat dia ke atas. "Inilah yang anda butuhkan."

Betapa   setiap  orang  membutuhkan  kuasa  besarNya.   Kita membutuhkan  KuasaNya  dari luar untuk mengangkat kita  ke  atas. Kita   tidak   dapat  mencari  keselamatan.  Kita   hanya   dapat diselamatkan oleh Anugerah Allah."
     
Apakah Anugerah itu? Dalam acara khotbahnya pendeta tersebut katakan  adakah seorang putri kecil yang mau memiliki  uang  yang berada  pada  tangannya? Seorang putri  kecil  datang  menuju  ke mimbar  dengan malu-malu. Sang pendeta menyerahkan mata uang  itu kepadanya segera putri kecil itu mengulurkan tangan mengambilnya.

Pendeta  tersebut katakan "Apakah anda mengetahui apa  yang  anda perbuat?"  Anda tidak mencarinya. Tetapi anda  menunjukkan  bahwa anda ingin dengan mengulurkan tangan dan menerimanya dari  tangan saya.  Kini  uang  itu milik anda.  Matanya  bersinar  kegirangan sementara lari kembali kepada ibunya.
     
Lebih  19  abad  yang lalu, Allah  membiarkan  AnakNya  yang tunggal  meninggalkan tahta kemuliaanNya dan turun ke  dunia  ini lahir sebagai bayi kecil. Kita tidak mengerti mujizat besar  itu. Tetapi, hal itu telah terjadi: Yesus Kristus hidup tanpa dosa dan akhirnya  mati diatas kayu salib, memberikan  keselamatan  kepada setiap  pria,  wanita dan anak-anak di atas  planet  (dunia/bumi) ini.  Itulah  anugerah Allah. Bahwa Allah yang  menjelma  menjadi manusia  bangkit dari kematian dengan kemenangan yang  besar  dan kini hidup bagi anda dan saya.
     
Namun,  anugerah  ajaib itu, keselamatan perkasa  itu  tidak bermanfaat  sebelum menyambut dan menerimanya melalui  Iman! Anda membutuhkan  iman  yang sama seperti yang  didemonstrasikan  oleh putri cilik ini. Dia menerima hadiah secara cuma-cuma. Dia  tidak berbuat  sesuatu  untuk membayarnya. Tetapi dia  hanya  menyambut dengan  Iman  dan  menerima  karunia  Allah  yang  ajaib,   yakni Keselamatan  melalui Yesus Kristus Tuhan kita!  Alkitab  berkata:
"Sebab  karena  kasih karunia, kamu diselamatkan oleh  Iman.  Itu bukan  hasil  usahamu, jangan ada orang  yang  memegahkan  diri." Efesus 2:8, 9.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.