Kamis, 28 Juni 2012

PELAJARAN - 30 KAABAH DI DUNIA BAGIAN DALAM

KAABAH DI DUNIA BAGIAN DALAM

(Pelajaran-30)


 
Bagian  dalam  Kaabah di dunia terbagi dua bagian.  Yang  disebut Tempat  yang Suci dan Tempat yang Mahasuci. Di tempat  yang  suci terdapat barang-barang sebagai berikut :
1. Tujuh  kaki dian, Keluaran 25:31-40 atau 37:17-24. Ini  dibuat    dari  emas tuangan atau ditempah, menurut arti kesukaran  yang    akan  dialami  umat Allah. Tujuh cabangnya dengan  cahaya  api    yang  tidak  boleh padam, melambangkan  Yesus  sebagai  terang    dunia yang melalui Roh KudusNya dan gerejaNya.
2. Meja  Roti Pertunjukan, Keluaran 25:23-30 atau 37:10-16.  Meja    roti  pertunjukan  dengan  dua belas  ketul  roti  di  atasnya    melambangkan  Yesus  sebagai roti hidup,  yang  Yesus  katakan    siapa yang makan dari padanya tidak akan mati.
3. Mezbah   Pedupaan,  Keluaran  30:1-10  atau   37:25-28.   Dupa    melambangkan  doa. Dan bila asap dupa itu naik ke  atas,  sama    seperti  doa  umat  Allah  ke  sorga.  Mengukuhkan   pekerjaan    pengantaraan Yesus untuk manusia kepada Bapa yang di Sorga.

Ditempat Yang Mahasuci terdapat barang-barang :
1. Tabut  perjanjian,  Keluaran 25:10-16 atau  37:1-5.  Di  dalam    tabut perjanjian dua loh batu yang berisi sepuluh hukum  Allah    di  simpan.  Tabut  perjanjian itu dibuat  dari  kayu  penaga,    disalut  dengan  emas murni, dan bingkainya dibuat  dari  pada emas di sekelilingnya.
2. Tutup pendamaian atau tutupan grafirat, Keluaran 25:17-22 atau 37:6-9.  Ini  dibuat  dari emas  murni.  Kemudian  di  atasnya ditaruh.
3. Dua  Kerub, ayatnya sama dengan tutupan grafirat. Kedua  kerub inipun harus dari emas, dan ditaruh yang satu di ujung sebelah sini  serta  yang  satu di ujung  sebelah  sana  diatas  tabut perjanjian  itu. Diatas dua kerub ini yang berbentuk  malaikat bersayap  ditaruh  terdapat Syekina, yang  menyatakan  hadirat Allah.
Hanya  imam besar yang dapat masuk kedalam tempat  Yang  Mahasuci ini, dalam upacara pendamaian atau grafirat setahun sekali,  pada zaman  orang Israel. Yesus sedang mengadakan grafirat untuk  kita semua  didalam tempat yang Mahasuci di Kaabah Sorga  sejak  tahun 1844  (lihat pelajaran 37; dan ayat yang berkaitan "Daniel  8:14, Ibrani 9:24-26, Wahyu 14:6-13"), sampai Ia datang kedua  kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.