Kamis, 28 Juni 2012

PELAJARAN - 41 BINATANG DALAM WAHYU 13

BINATANG DALAM WAHYU 13

(Pelajaran-41)
Dalam  wahyu 13 ini ada dua binatang yang dilihat oleh rasul Yohanes.  Yang pertama adalah yang keluar dari dalam laut.  (baca ayat  1-10). Binatang ini mendapat kuasa dari naga yang  artinya  ini adalah lambang kekuasaan paus lagi. Naga memberi kuasa  kepadanya artinya  setan  yang memberi kuasa kepada  paus  sehingga  begitu besar  kuasanya  kepada bangsa-bangsa  didunia,  tetapi  kemudian kelihatan  salah  satu dari kepalanya terluka  yang  membahayakan hidupnya. Ini menceritakan bahwa suatu waktu kekuasan paus itu di hentikan. terjadi pada tahun 1798, ketika Napoleon  memerintahkan kepada salah satu jendralnya yaitu jendral Bartier,pergi ke  Roma lalu  menangkap paus dan membawanya ke Perancis  dengan  berjalan kaki sampai mati disalah satu penjara di perancis. Sejak saat itu kelihatan   kekuasaan  paus  sudah  berakhir.  

Tetapi   kemudian kekuasaan  paus  dipulihkan, oleh mussolini., penguasa  di  Itali sebelum   perang  dunia  ke-1.  Tetapi  belum  berkuasa   seperti sebelumnya.
Ayat 11-18 sekor binatang lain yang bertanduk dua seperti  domba. Itulah negara Amerika serikat yang dalam perebutan kuasa  politik akan  menang.  Namun  ia  berbicara  seperti  naga.  Jadi   iapun menyuarakan  suara  setan  dan dari dia akan  muncul  hukum  hari minggu  (pemaksaan  berbakti  di  hari  Minggu/  menyembah  tanda binatang  itu) yang terkenal dengan apa yang disebut Sunday  Law.

Amerika  serikat akan memberlakukan hukum hari minggu  dan  siapa yang  tidak  mau mengikutnya akan  dibinasakan.  Artinya  setelah Amerika  serikat  menangkan  kuasa politik, ia  akan  menyerahkan kekuasaan  itu kepada agama dan dalam hal ini Roma  Katolik,  dan siapa  yang  tidak mengakui hukum hari minggu  akan  dibinasakan. Inilah  yang  dikatakan ia memberi nyawa kepada  patung  binatang itu.  Artinya hari minggu atau hari Sabat palsu, akan  dipaksakan pada manusia didunia (baca Penjelasan Tambahan Pelajaran-41). Untuk  melihat kuasanya kita lihat pelajaran 44 !




PENJELASAN TAMBAHAN
(Pelajaran-41)

AMERIKA SERIKAT DALAM NUBUATAN

 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam  bumi dan  bertanduk  dua  sama seperti anak  domba  dan  ia  berbicara seperti seekor naga. Wahyu 13:11.

Satu  bangsa,  hanya satu bangsa,  yang  memenuhi  ciri-ciri khusus  nubuatan  ini,  dengan tidak  dapat  salah  ini  menunjuk Amerika Serikat.
    
Inilah  gambaran  yang mengejutkan mengenai  bangkitnya  dan pertumbuhan  bangsa itu. Dan binatang yang bertanduk dua  seperti anak  domba,  melambangkan kesucian  dan  kelembutan, menyatakan tabiat pemerintahan negara itu dengan sebaik-baiknya, sebagaimana yang  dinyatakan  dalam  dua landasan  prinsipnya,  Republik  dan Protestan.
    
Tuhan  telah  melakukan lebih banyak  bagi  Amerika  Serikat daripada  suatu  negara lain di atas mana matahari  bersinar.  Di sini  Ia  menyediakan suaka bagi umat-Nya,  dimana  mereka  dapat berbakti  kepadaNya sesuai dengan keyakinannya masing-masing.  Di sini kekristenan memperoleh kemajuan dengan kemurniannya.  Ajaran memberi hidup dari satu Pengantara antara Allah dan manusia telah diajarkan  dengan  sebebas-bebasnya.  Allah  merencanakan  supaya negara  ini  seharusnya senantiasa tetap bebas bagi  semua  orang untuk  berbakti  kepadaNya  sesuai  dengan  keyakinannya  masing-masing.  Ia  merencanakan  supaya  lembaga  pemerintah  sipilnya, dengan  produksinya yang meluas, haruslah melambangkan kebebasan
pengabaran injil.
    
Tetapi  musuh  segala  kebenaran  telah  merencanakan   lain terhadap cita-cita Allah untuk negara ini. Ia akan membawa  masuk usaha-usaha yang akan menyebabkan manusia melupakan adanya Allah.
Keduniawian   dan  keserakahan,  yang  merupakan  berhala,   akan berhasil melalui pekerjaan sipenipu besar, sampai hukum Allah dan semua peraturannya, akan dinyatakan tidak berlaku.
    
Kepada  saya  (E.G.  White) telah  ditunjukkan  bahwa  Setan sembunyi-sembunyi datang kepada kita Melalui suruhan Setan, hukum Allah   akan   ditiadakan.  Di  negara   Amerika   Serikat   yang membanggakan   kemerdekaan,   kebebasan   beragama   akan   tamat riwayatnya.
    
Bilamana Amerika Serikat, di dalam lembaga  pemerintahannya, akan  menjalankan undang-undang yang mengikat  keyakinan  manusia sehubungan dengan hak-hak beragama, memaksakan pemeliharaan  hari Minggu  (1), dan menyebabkan kuasa penindasan dikenakan  terhadap mereka yang memelihara Sabat hari yang ketujuh, maka hukum  Allah dengan  segala  kesengajaan  dan  tujuan  akan  dinyatakan  tidak berlaku;  dan  kemurtadan nasional akan diikuti  oleh  kehancuran nasional. --dikutip dari tulisan, E.G. White, Allah Memelihara Kita, halaman. 131.

Adalah  benar  bahwa  spiritisme  sekarang  sedang  mengubah bentuknya dan mengenakan jubah Kekristenan. Benar-benar merupakan satu penipuan yang lebih berbahaya oleh karena lebih terselubung. Jika  sebelumnya ia menyangkal Kristus dan Alkitab,  sekarang  ia mengaku menerima kedua-duanya. Tetapi Alkitab di tafsirkan  dalam cara yang menyenangkan bagi hati yang tidak dibaharui,  sementara kebenaran-kebenarannya yang khidmat dan penting  di  sia-siakan--(KA 526).
    
Kristus   sesungguhnya  disangkal  sebagaimana   sebelumnya, tetapi  setan  telah  begitu  membutakan  mata  manusia  sehingga penipuan  itu tidak terlihat--(KA 527). Sukar untuk mengungkapkan kebutaan manusia generasi ini--(KA 529).
    
Melalui  dua  kesalahan besar kebakaan  jiwa  dan  kekudusan Hari-Minggu  setan  menjerat  manusia  dalam  penipuannya.   Umat Protestan Amerika Serikat akan memimpin dalam mengulurkan  tangan melintasi  jurang  pemisah untuk menggenggam  tangan  spiritisme, mereka  akan  menjangkau lewat lobang yang dalam  untuk  berjabat tangan   dengan   kekuasaan  Roma  (2);  dan   dibawah   pengaruh persekutuan  tiga serangkai ini, negara ini akan mengikuti  jejak Roma dalam menginjak-injak hak-hak hati nurani--(KA 554, 555).

Gereja  mengimbau  kepada tangan yang  kuat  dari  kekuasaan sipil  dan  dalam  pekerjaan  ini,  umat  Katolik  dan  Protestan bersatu (3)--(KA 574).
    
Umat  Katolik  mengakui  bahwa perubahan  hari  Sabat  telah dilakukan oleh gereja mereka, dan menyatakan bahwa umat protestan dengan  menyucikan Hari Minggu, sedang  mengakui  kekuasaannya.-- Dalam Catholic Catechism of Cristian Religion.--(KA 420)
    
Gereja  Roma  Katolik belum melepaskan  pengaruhnya  sebagai yang tertinggi; dan bilamana dunia serta gereja-gereja  Protestan menerima  hari  Sabat  ciptaannya  lalu  menolak  Sabat   Alkitab sesungguhnya   mereka  mengakui  anggapan  ini,  dengan   berbuat demikian  mereka (Protestan) meremehkan prinsip  yang  memisahkan mereka  dari  Roma  bahwa Alkitab  dan  Hanya  Alkitablah,  agama Protestan. Sementara pemaksaan Hari Minggu mendapat dukungan,  ia bersuka  karena  yakin  bahwa itu  akan  menyeret  segenap  dunia Protestan di bawah panji-panji Roma.--(KA 420)
    
Orang-orang  Roma menyatakan bahwa pemeliharaan Hari  Minggu oleh  umat  Protestan  adalah penghormatan  yang  mereka  berikan kepada  kekuasaan Gereja (Katolik)--Mgr. Segur. Plain Talk  About The Protestantism of Today, hlm 213,--(KA 421).
    
Dewasa ini dukungan umat Protestan terhadap Romanisme  lebih besar  daripada tahun-tahun sebelumnya. Mereka mengajarkan  anak-anaknya  untuk  membenci Katholik dan berpendapat  bahwa  mencari penyesuaian dengan Roma berarti tidak setia kepada Allah.  Tetapi betapa berbedanya sikap mereka itu sekarang ini!--(KA 531).
    
Apabila  topan  mendekat, suatu golongan  besar  yang  telah mengaku  percaya kepada pekabaran malaikat ketiga,  tetapi  tidak disucikan  melalui penurutan kepada kebenaran  itu,  meninggalkan kedudukan mereka dan bergabung dengan barisan penentang, bilamana para  pemelihara Sabat dihadapkan kepengadilan untuk  menjelaskan iman mereka, orang-orang yang murtad ini menjadi agen-agen  setan yang  paling efisien untuk memberikan penjelasan yang  salah  dan menuduh, lalu melalui laporan-laporan palsu serta saran-saran tak langsung menghasut para penguasa untuk melawan mereka.--(KA 575)
    
Penurutan  yang  ikhlas kepada Firman  Allah  akan  dianggap sebagai  pemberontakan.  Dibutakan  oleh  setan,  orangtua   akan memperlakukan  anaknya yang percaya dengan kasar dan kejam;  para majikan  akan menindas hambanya yang memelihara  hukum.  Hubungan kasih  sayang  akan  direnggangkan; anak-anak  akan  dicabut  hak warisnya dan diusir dari rumah.--(KA 574)
    
Dengan   demikian   perkataan  Paulus   di   genapi   dengan sesungguhnya;  "memang  setiap  orang yang  mau  hidup  beribadah didalam  Kristus Yesus akan menderita aniaya" II  Timotius  3:12. Apabila  para pembela kebenaran menolak untuk menghormati  Sabat-Hari  Minggu  (Sabat  palsu)  beberapa  di  antara  mereka   akan dipenjarakan,  ada yang akan dibuang ada yang  akan  diperlakukan sebagai budak.

PERUBAHAN   DALAM  HUKUM  KEEMPAT  ITU  SESUNGGUHNYA   MENGGENAPI  NUBUATAN DENGAN TEPAT.--(KA 418), Baca-Daniel 7:25.

-----------------,
KA     = Dipetik  dari Kemenangan Akhir (The  Great Controversi). kegenapan Nubuatannya sedang  terus          berlangsung!  Seperti  Hal  dibawah  ini  mungkin  dapat          memberikan gambaran untuk Kita. Karena salah satu  bukti benar  atau  tidaknya  Karunia  Nubuat/penglihatan  yang diterima   seseorang   bersumber   dari   Allah   adalah  "Nubuatannya   digenapi" (contoh  Nabi  Daniel)  Penguji lainnya baca Bil 24:4&16. Dan 10:7,8,17-19. Mat 7:16; Yer 28:9.
    
(1)    = PADA TANGGAL 29 MEI 1961, DI LEMBAGA TINGGI KEHAKIMAN DI          AMERIKA  SERIKAT  DIUMUMKAN  BAHWA  UNDANG-UNDANG   HARI          MINGGU DINEGARA ITU BUKANLAH UNDANG-UNDANG AGAMA, TETAPI  ADALAH UNDANG-UNDANG NEGARA.
(2)    = Digenapi  saat Ronald Reagan sebagai  President  Amerika Serikat,  dengan  dibukanya hubungan  diplomatik  antara Amerika  Serikat  dengan  Vatikan.  Dan  sepak   terjang kedua  negara ini dengan tepat menggenapi nubuatan  yang terdapat dalam "Wahyu 13."--Baca Lampiran
(3)  = Kita  dapat  amati  penggenapannya  sekarang  ini.--Baca "EKUMENE"  Hal. 282-288, "GERAKAN EKUMENE" dan  "GERAKAN  KARISMATIK" Hal. 339-341, dalam buku Ensiklopedi  Gereja Jilid I A-G, Adolf Heuken SJ. Yayasab Cipta Loka Candra.
 
  

15 komentar:

  1. saya mengerti dan setuju bahwa Alkitab yang kita percayai adalah alkitab yang hidup dan apa yang dinubuatkan pasti terjadi, termasuk nubuat yang terkandung di dalam Yesaya 46 : 10 - 11, Allah akan memakai Hamba untuk melaksanakan titah/putusannya adalah hamba Allah yang di pilih dari Negeri Burung Buas, dan di seluruh Dunia tdk ada negeri yang berlambangkan Burung Buas/ Garuda kecuali Indonesia, oleh karena itu saya bersyukur berdiam di negara Indonesia karena Tuhan akan memanggil Hamba Kekasihnya Untuk Menobatkan Umat Nya, amin Tuhan Yesus memberkati Tetap Berjuang untuk KerajaanNya. GBU.

    BalasHapus
  2. maaf saya melihat tafsiran ini belum tepat..sebab iblis memberi kuasa pd binatang itu ada oknum antikris bukan paus.tetapi kursi kepausan menjadi sasaran utama antikris utk permaisuri antikris Wah 17 akan menduduki kursi kepemimpinan gereja terbesar itu,nanti pd zaman kerajaan antikris.serdangkan antikris akan berkedudukan di Yerusalem wah 11:2.II Tes 2:1-9.I Yoh 2:18.....jadi sedikit miring jika menafsir bahwa naga memberi kuasa itu ada kpd paus.sebab naga berikuasa pd oknum antikris dan antikris mendukung dan memberi kuasa pd pemimpin yg akan datang utk menduduki kursi tersebut....kurang tepat juga jika wah 13:11 ditafsir adalah amerika sebab wah 13:11 itu adalah nabi palsu yg akan ditugaskan oleh antikris mengendalikan ekonomi dunia yg akan didukung oleh 10 negara barat dan 7 negara timur....maaf jika tdk sependapat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut Sy lebih tepat yg ini karena paus bukan oknum anti Kris , sedangkan Binatang itu berkuasa dari kuasa naga , paus hanyalah penerus misi pengembala yang dilakukan Tuhan Yesus

      Hapus
  3. Tdk masalah pendeta bebas saja tdk harus sependapat krn untuk memahaminya tiap orang perlu pimpinan Roh Kudus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali untuk memahami perlu bimbingan roh Kudus

      Hapus
  4. Apakah pak pdt. rollyrorong sdh baca yg kuasa tanduk kecil berikut? http://nubuatanalkitabaz.blogspot.com/2012/06/pelajaran-22-tanda-pengenal-tanduk.html?m=1

    BalasHapus
  5. Pak rollyrorong dapat juga membuka link lain dlm penjelasan link berikut
    http://reviewofreligions.blogspot.com/2012/07/benarkah-anti-kristus-itu-paus.html?m=1

    BalasHapus
  6. Binatang pertama keluar dari dalam laut.
    Binatang kedua keluar dari bumi.
    Dari Wahyu 5 kita tahu bahwa bumi = orang Yahudi, dan laut = orang yang lain.

    Tidak ada Amerika Serikat dalam Kitab Suci.

    "Sunday law" apa? Hari Sabtu / Sabat apa?

    Kejadian 1:14 "Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun"

    ALLAH TIDAK MENCIPTAKAN BENDA PENERANG YANG BERPUTAR-PUTAR DALAM WAKTU 7 HARI !

    BalasHapus
  7. Bila ikuti dr awal pelajaran maka akan mengerti seperti mata rantai yang tidak putus. Tuhan memberi tanda di hari2 penciptaannya. Hari pertama penciptaan di tandai dg apa yg Tuhan ciptakan pd hari pertama itu yaitu terang, jadi bila saudara melihat terang itulah tanda hari pertama ciptaanNya. Tanda hari kedua adalah cakrawala bila kt melihat cakrawala itulah tandanya Allah menciptakannya di hari ke dua. Tanda hari ketiga adalah tumbuh tumbuhan, bila kita melihat tumbuh2han itulah tandanya hari ketiga krn Tuhan menciptakannya di hari ketiga. Tanda hari keempat adalah bila kita melihat benda penerang di cakrawala mk kita ingat itulah tandanya hari keempat yg Allah ciptakan. Tanda hari kelima adalah bila kita melihat segala mahklul di dlm air dan udara krn diciptakan pd hari kelima. Hari keenam bila kita melihat segala mahkluk di bumi dan manusia taulah kita itu diciptakan pd hari yg keenam. Nah tibalah pd hari ke tujuh itulah tandanya Allah selesai mencipta itulah tanda hari dimana Allah berhenti menguduskannya dan memberkati hari ke tujuh. Itulah hari sabat yg Tuhan berikan pada manusia sbg mana yg Yesus katakan dalam Markus 2:27-28. Sabat itulah tanda umatNya datang utk menyembah Dia. Tp manusia saat ini sama mengulangi kisah kain dan habel. Menentukan sendiri yg baik menurut kehendak manusi seperti Kain daripada seperti habel yg menurut akan perintah yg Allah pesan dilakukan tanpa mempertanyakan shg persembahan yg manakah yg berkenan di hadirat Allah? Yg sesuai kehendakNyakah atau yg baik menurut manusia(kain)? Anda mau jd kain atau habel? Dlm penyembahan kpd Allah? Pilihan di tangan Anda.

    BalasHapus
  8. Uskup katolik mengaku telah merubah sabat hari sabtu ke hhari minggu.https://m.youtube.com/watch?v=CrB21mc2fmI

    BalasHapus
  9. Wahyu 12:3-4 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepala-kepalanya ada tujuh mahkota.
    Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi.

    ** Seperti yang kita tahu bahwa NAGA ini ialah satan sendiri.
    ** Perlu kita ketahui bahwa kepala-kepala atau tanduk-tanduk binatang dalam Daniel biasanya menunjuk kepada pecahan atau pembagian dari kerajaan yang disimbolkan oleh binatang itu.
    ** Namun demikian, tidaklah sama dengan naga ini. Tanduk dan kepala naga ini menunjuk kepada kerajaan atau raja-raja yang dipakainya untuk memerintah, menjatuhkan dan menyelewengkan Umat Allah dalam sepanjang sejarah.
    ** Mengapa ketujuhnya harus memerintah Umat Allah? Karena ketujuhnya itu adalah pekerjaan si naga dan ia sejak dari Sorga memang ingin merebut kekuasaan Allah dan setelah ia diusir dan dilemparkan ke bumi, maka diteruskannyalah usahanya itu dengan mencoba merebut kekuasaan Allah untuk memerintah Umat-Nya.
    ** Ketujuh kepala itu atau ketujuh kerajaan/raja itu adalah pemerintah-pemerintah yang pernah dan akan memerintah Umat Allah; menyiksa, menganiaya,membunuh dan tentunya menyelewengkan Umat Allah dengan berhala mereka.
    ** Kepala dan tanduk dalam Wahyu 13 dan 17 adalah sama dengan kepala dan tanduk naga ini.
    ** Dalam wahyu 17:10 mengatakan, "ketujuhnya adalah juga tujuh raja: lima di antaranya sudah jatuh, yang satu ada(ketika Wahyu di berikan kepada Yohanes) dan yang lain belum datang, dan jika ia datang, ia akan tinggal seketika saja".
    ** Umat Pilihan Allah bermula dan berkembangnya di Mesir maka dari situ jugalah si naga memulai pekerjaannya yang terbesar ini dengan mencoba merebut kekuasaan Allah untuk memerintah Umat-Nya.
    ** Ketujuh kepala itu ialah, di mulai dari Mesir, Asyur, Babilon, Madai-Persia, Yunani , Romawi dan Kepausan(Vatican). Merekalah yang dipakai oleh si naga untuk memerintah, menyeksa, menganiaya, membunuh serta menyelewengkan Umat Allah dengan dewa-dewa berhala mereka.
    ** Pada waktu Wahyu itu diberikan kepada Yohanes, Malaikat itu mengatakan bahwa "lima di antaranya sudah jatuh"; mereka ialah Mesir, Asyur, Babilon, Media-Persia dan Yunani, manakala "yang satu ada" ialah Romawi karena pada waktu itulah Romawi memerintah Umat Allah, dan "yang lain belum datang" ,seperti yang sudah kita ketahui Kepausan(Vatican) telah menggantikan Romawi namun dikatakan bahwa "ia akan tinggal seketika saja",telah digenapi saat kejatuhannya pada 1798.
    ** Harus difahami bahwa tujuan Tuhan memperlihatkan naga ini adalah untuk memberitahukan kepada kita bagaimana si naga itu memulai dan mengakhiri pekerjaannya itu.
    ** Kesepuluh tanduk pada naga ini ialah "sepuluh raja yang belum mulai memerintah" wahyu 17:12 . Kesepuluh raja ini dan binatang yang pernah luka namun yang sembuh itu serta binatang kedua dalam wahyu 13 adalah alat terakhir dari pekerjaan si naga.
    ** Ekor naga itu pula mengartikan dan memperlihatkan kepada kita bagaimana si naga memulai pemberontakannya dengan menghasut sepertiga dari malaikat-malaikat untuk meninggikan diri terhadap Allah dan yang bersama-sama dengannya dilemparkan ke bumi.

    BalasHapus
  10. LIMA DI ANTARANYA SUDAH JATUH
    _ Mesir
    _ Asyur
    _ Babilon
    _ Media-Persia
    _Yunani

    YANG SATU ADA
    _ Romawi

    YANG LAIN BELUM DATANG, DAN JIKA IA DATANG, IA AKAN TINGGAL SEKETIKA SAJA
    -Kepausan = Jatuh pada tahun 1798.

    ** Wahyu 13:3 _ PERNAH LUKA NAMUN SEMBUH
    ** Wahyu 17:8 _ PERNAH ADA , NAMUN TIDAK ADA DAN AKAN MUNCUL LAGI

    KETUJUH KEPALA / KETUJUH RAJA
    PADA WAKTU WAHYU DI BERIKAN KEPADA RASUL YOHANES

    1. Mesir - (sudah jatuh)
    2. Asyur - (sudah jatuh)
    3. Babilon - (sudah jatuh)
    4. Madai-Persia - (sudah jatuh)
    5. Yunani - (sudah jatuh)

    6. Romawi - (yang satu ada) (ketika Wahyu diberikan)

    7. Kepausan - (belum datang) ( berakhir pada tahun 1798)


    Wahyu 17:11 Dan binatang yang pernah ada dan yang sekarang tidak ada itu, ia sendiri adalah raja kedelapan dan namun demikian satu dari ketujuh itu dan ia menuju kepada kebinasaan.

    8. Pada 11 Februari 1929 Kepausan "muncul lagi" menggenapi "raja yang kedelapan" namun "satu dari ketujuh" kepala/raja itu!

    BalasHapus
  11. Kurang tepat sih karena hari sabat itu hari Tuhan dan tidak ada pemaksaan untuk libur dan berdoa pada hari itu
    Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  12. Hari sabath adalah Hari yang di perintahkan tuhan pada Zaman Musa Dan itu Firman yang keluar Dari mulut tuhan Kita yesus Dan tertulis di 10 perintah Allah bagi Kalender umat yahudi tepatnya jatuh pada petang Hari jumat Dan sabtu Karena Kalender yahudi dimulai Hari petang Klo Kita mau Tau kebenarannya Hari sabtu Kalender kita gregorian romawi beda penanggalan Sama yahudi mereka menggunakan penanggalan solar si stem Dan itu tepat tanda2 langit matahari bulan Dan Bintang itu penunjuk yang tepat jika Kita bilang semua Hari adalah Hari ya tuhan tepat sekali tetapi untuk perintah ingat Dan kuduskanlah Hari sabath tepatnya jatuh pada Hari sabtu bukan Hari minggu Karena Hari minggu buat umat yahudi adalah Hari pertama itu kebenarannya jangan lupa Kita memakai Kalender gregorian yang sudah disahkan oleh kerajaan romawi Augustus kaisarnya apa yang sudah di katakan oleh Firman hidup tidak dapat dirubah2 Kita manusia yang merubah bukan tuhan Kita selidiki lah kitab2 kebenaran supaya Kita semua didalam kristus mempunyai terang yang sudah tuhan berikan ke pada Kita Salam damai dalam yesus kristus

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.