Kamis, 28 Juni 2012

PELAJARAN - 36 NUBUATAN 70 MINGGU (70X7 MASA)

NUBUATAN 70 MINGGU
(70 X 7 MASA)
(Pelajaran-36)

Nubuatan  tentang 70 minggu terdapat dalam Daniel 9:24-27.  Tujuh puluh  minggu dalam terjemahan lama disebut 70 Sabat. Jadi  tujuh puluh  sabat  atau  minggu adalah 490 tahun (70 x 7  masa  =  490 tahun). Ini adalah masa yang ditentukan bagi bangsa Yahudi supaya bertobat. Masa 490 tahun ini mulai sejak perintah untuk membangun kembali  Yerusalem dan kaabah dikeluarkan oleh  Raja  Arthasasta, raja yang memerintah kerajaan Media dan Persia (Ezra 7:7-21). Ada delapan peristiwa penting yang akan berlaku selama 70 minggu atau 490  tahun ini. Yaitu : melenyapkan kefasikan,  mengakhiri  dosa, menghapuskan   kesalahan,  mendatangkan  keadilan   yang   kekal, menggenapkan penglihatan nabi, mengurapi yang Mahakudus, kematian Yesus, dan kematian Stefanus.

     
Perintah membangun kembali Yerusalem dikeluarkan pada  tahun 457  B.C.  (Sebelum  Masehi)  baca dalam Ezra 7:8. Dan berakhir  pada  tahun  34  A.D. (Sesudah Masehi). 70 masa diurai sebagai berikut : 7 masa/minggu (Daniel 9:25), 62 masa/minggu (Daniel 9:25-26),  dan 1 masa/minggu (Daniel 9:27), artinya 7 minggu = 49 tahun, 62  minggu  = 434  tahun,  1  minggu  = 7 tahun  (inipun  diurai  lagi  menjadi setengah  masa/minggu, dan setengah masa/minggu artinya ada dua  kali  tiga setengah tahun (Daniel 9:27)).

     
49  tahun itu adalah waktu membangun kembali  Yerusalem  dan kaabah  yang  dihancurkan  oleh Nebukadnezar  dahulu434  tahun adalah  masa  mereka harus bertobat menjadi  bangsa  yang  kudus. Tetapi  mereka tidak bertobat sebab pada akhir 62 minggu  (th  27 A.D, baca Lukas 3:1,21)  atau  434 tahun itu Yang Mahakudus diurapi  artinya  Yesus dibaptis dan memulai pekerjaanNya di dunia. 3 1/2 tahun  kemudian atau  tahun 31 A.D. Yesus disalibkan dan mati serta bangkit  lagi lalu naik ke sorga dan untuk 3 1/2 tahun setelah itu  yaitu tahun 34  A.D. Pada waktu itu melalui tindakan Parlemen Yahudi,  bangsa itu  mensahkan  penolakannya terhadap injil oleh  mati  syahidnya Stefanus  dilempar  dengan batu dan  penganiayaan  terhadap  para pengikut  Kristus. Itulah akhir masa 70 minggu bagi orang  Yahudi sebagai  bangsa  pilihan Allah (baca  Matius  10:5-7),  Pekabaran keselamatan  tidak  lagi terbatas pada bangsa pilihan  itu,  kini diberikan  kepada  dunia dan kesempatan diberikan  kepada  segala bangsa. "Kisah 8:4, 5 dan 22:21". Sampai begitulah jauhnya  tahap nubuatan-nubuatan  digenapi, dan permulaan tujuhpuluh kali  tujuh masa  jelas  tidak usah dipertanyakan lagi yaitu pada  tahun  457 Sebelum Masehi dan berakhir pada tahun 34 Sesudah Masehi.

      
Dengan  demikian  maka  genaplah apa  yang  dikatakan  Yesus bunyinya :

1. "Pergilah  keseluruh  dunia,  beritakanlah  Injil  itu  kepada    segala  makhluk.  Siapa  yang percaya  dan  dibaptiskan,  akan    diselamatkan,  tetapi siapa yang tidak percaya akan  dihukum." Markus 16:15,16.

2. "Dan  Injil  Kerajaan ini akan diberitakan  di  seluruh  dunia    menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah  tiba    kesudahan itu." Matius 24:14.

      
Begitulah cara Allah menyelamatkan, memberikan pekabaran itu dengan  teratur,  mempunyai tata tertib yang  telah  direncanakan lebih dulu; dengan jalan memberikan pekabaran keselamatan  kepada bangsa Israel yang sesat itu lebih dahulu. Setelah mereka menolak pekabaran  keselamatan itu, barulah pekabaran itu dibawa  keluar. Alangkah baiknya, kalau umat Kristen pada masa modern ini,  dapat meneladani  dan mencontoh, Pekerjaan kita bagi  Kristus  haruslah dimulai  dengan  keluarga,  di dalam rumah  tangga...  Tidak  ada ladang  pekerjaan  injil  yang lebih penting  dari  rumah  tangga --dipetik  dari Persahabatan Umat Allah, Rivai  Burhanuddin.

      
Apabila  anda  pernah membaca penafsiran Nubuatan  ini  dari berbagai golongan bila bukan berasal dari karunia roh nubuat maka tidak dapat membuat kita mengerti tentang nubuatan ini!

     
 Salah  satu contoh ajaran yang menafsirkan tentang  nubuatan ini anda dapat baca pada buku, Peta Zaman, oleh Jeff Hammond  MA. Thg, Annette Hammond BA. Cetakan ke enam 1991, Penerbit  Yayasan Pekabaran  Injil  Imanuel, Jakarta. Pada halaman  51  pada  buku tersebut   dimana   dikatakan   pada   judul   pembahasan   bahwa "Pelaksanaan  1/2  Minggu terakhir ditunda sampai  akhir  zaman." Inilah kesimpang siuran yang terjadi di akhir zaman dengan banyaknya denominasi Kristen ini yang harus di luruskan, hendaklah kita menjadi orang-orang yang bijaksana untuk memahaminya sesuai tuntunan Allah melalui Alkitab sebagaimana Daniel 12:10 katakan "Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahami, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya."
 
Telah sejauh ini Allah menuntun saudara utnuk memahami nubuatan ini dan akan terus berlanjut nubuatan lainnya.

4 komentar:

  1. mengapa menggunakan kata "kaabah" apa tidak ada bahasa lain ??

    BalasHapus
  2. hal tersebut karena terjemahan saja yang sekarang seperti dalam 1 Korintus 3:16 dan 17 gunakan kata bait Allah, terima kasih.

    BalasHapus
  3. Daniel 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

    Pertanyaan saya, siapa kah seorang yang diurapi, seorang raja yang datang segera setelah 7x7 masa itu?

    BalasHapus
  4. Baca ulang penjelasan dan ayatnya ada 7x7 masa dan 62 x 7 masa lihat bagan gambar siapa yg di urapi dan kapan di urapi apa mksud dr di urapi sangat jelas.

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.